Sunday, September 29, 2013

Aturan Pertiga " Rule Of Third" dan Aturan Komposisi Photography

Ini mungkin terdengar aneh, tapi buat saya ini merupakan hal yang paling penting dalam belajar dunia photography. Satu-satunya aturan dalam fotografi adalah bahwa tidak ada aturan pasti. Namun, ada yang jumlah pedoman komposisi didirikan yang dapat diterapkan di hampir semua situasi, untuk meningkatkan dampak dari sebuah keadaan adegan.

Aturan Pertiga " Rule Of Third"
 
Singkat cerita di Komunitas Fotografi Labuan Bajo (KFL) kami mengadakan Workshop dadakan mengenai Aturan Pertiga / Rule Of Photography. Bisa dibilang learning, doing and sharing adalah hal yang selalu dijalankan. Tidak ada batasan dalam photography dan tidak ada yang salah dalam cara memotret. 

Prinsip komposisi foto adalah 'Rule of Thirds'. Itu salah satu hal pertama yang fotografer digital pemula pelajari di kelas fotografi dan tepat sehingga merupakan dasar untuk seimbang dan 'point of interest'.

Pedoman ini akan membantu teman mengambil foto lebih menarik, meminjamkan mereka keseimbangan alam, menarik perhatian pada bagian-bagian penting dari keadaan, atau mengarahkan mata pemirsa untuk melihat gambar beberapa detik.

Begitu teman sudah familiar dengan tips komposisi, teman akan terkejut melihat betapa universal yang kebanyakan dari mereka adalah beberapa foto kelihatan biasa saja. Teman akan melihat photo mereka di mana-mana, dan teman akan merasa mudah untuk melihat mengapa beberapa hasil foto mereka seperti snapshot sederhana.


 Perhatikan bagaimana bangunan dan langit yang sejajar
sepanjang garis-garis dari aturan pertiga. Image by Trey Ratcliff.


Bayangkan bahwa gambar Anda dibagi menjadi 9 bagian yang sama yaitu dengan menggunakan 2 garis horizontal dan 2 garis vertikal. Aturan pertiga mengatakan bahwa Anda harus memposisikan elemen yang paling penting dalam adegan Anda sepanjang garis-garis, atau pada titik-titik di mana mereka berpotongan. Melakukan hal ini akan menambah keseimbangan dan ketertarikan ke foto Anda.

Aturan Keseimbangan

Menempatkan subjek utama tidak pada pusat/center mengikuti seperti aturan pertiga akan menciptakan foto yang lebih menarik, tetapi dapat meninggalkan kekosongan dalam adegan yang bisa membuatnya merasa kosong. Anda harus keseimbangan dari subjek Anda dengan memasukkan objek lain kurang penting untuk mengisi ruang.

Obyek utama ada di kanan, tempatkan obyek lain di kiri

Garis Pemandu

Ketika kita melihat foto mata kita secara alami ditarik sepanjang garis. Dengan berpikir tentang bagaimana Anda menempatkan garis dalam komposisi Anda, Anda dapat mempengaruhi cara kita melihat gambar, menarik kita ke dalam gambar terhadap subjek dari gambar. Ada berbagai jenis garis - lurus, diagonal, curvy, zigzag, radial, dan lain-lain,  dan masing-masing dapat digunakan untuk meningkatkan komposisi foto kita.

 Photo jalanan adalah subyek utama

Kedalaman

Karena fotografi adalah media dua dimensi, kita harus memilih komposisi kita dengan hati-hati untuk menyampaikan rasa kedalaman yang hadir dalam adegan yang sebenarnya. Anda dapat menciptakan kedalaman pada foto dengan memasukkan benda-benda di bagian depan, pada bagian tengah dan pada latar belakang. Teknik lain yang berguna komposisi yang tumpang tindih, di mana Anda sengaja mengaburkan sebagian satu objek dengan yang lain. Mata manusia secara alami mengenali lapisan dan mental memisahkan mereka, menciptakan sebuah gambar dengan lebih mendalam.

Pembingkaian

Dunia ini penuh dengan benda-benda yang membuat frame alami yang sempurna, seperti pohon, lengkungan dan lubang. Dengan menempatkan ini di sekitar tepi komposisi Anda membantu untuk mengisolasi subjek utama dari dunia luar. Hasilnya adalah gambar yang lebih fokus yang menarik mata Anda secara alami ke titik utama/subyek.
Di sini, bukit-bukit sekitarnya membentuk bingkai alami, dan sepotong kayu adalah titik fokus.
Image by Sally Crossthwaite.

Percobaan

Di  era digital dalam fotografi kita tidak lagi perlu khawatir tentang biaya pemrosesan film atau kehabisan film. Lakukanlah eksperimen dengan berbagai komposisi foto kita, kita dapat melakukan berkali-kali jepretan, jika tidak bagus atau anda tidak suka anda dapat menghapusnya jadi tidak ada biaya tambahan yang dikeluarkan. Jadi manfaatkan teknologi ini dan sering-sering bereksperimen dengan komposisi Anda.  Anda tidak pernah tahu apakah ide anda bagus atau tidak sampai Anda mencobanya.

Lakukan percobaan dengan berbagai komposisi

0 komentar:

Post a Comment